Kamis, 31 Januari 2013

Key For Success

Jack welch adalah mantan CEO General Electric yang legendaris, dan sebagai leader yang hebat dia punya Mantra Leadership yang terkenal: 4E+P. Untuk sukses dalam bisnis dan kepemimpinan, Jack bilang bahwa kita harus punya kelima hal ini: Empat E yang dibungkus dengan satu P.

Energy: Kekuatan untuk berkarya. Semua bisnis butuh ketekunan dan ketahanan menghadapi kesulitan. Ada masa2nya harus bekerja 16 jam sehari terus menerus. Mental baja sangat dibutuhkan untuk sukses. Energy, baik fisik atapun mental, harus siap tabah menghadapi semuanya dengan penuh semangat dan antusiasme.

Energize: Menyemangatkan anak buah kita. Kemampuan kita menyuntikkan harapan dan optimisme kepada team, dan kepada semua orang di sekeliling kita. Pemimpin harus bisa menularkan hal2 positip kepada orang2nya. Mampu membuat mereka bekerja lebih keras, lebih baik, dan lebih mau. Menjabarkan visi, memberi inspirasi, dan menebarkan semangat.

Edge: Memihak, mengambil keputusan, dan tidak terkatung katung atau mengambang pada setiap keadaan. Jack menganggap, menjadi sukses atau menjadi gagal lebih baik daripada tidak mengambil keputusan apapun, mengambang adalah sebuah kesalahan. Edge adalah kemampuan kita mengambil keputusan terbaik dari keadaan yang sulit dan yang serba tidak pasti.

Execute: Melaksanakan. Semua idea dan rencana tidak ada gunanya bila tidak dilaksanakan dengan tuntas. Eksekusi sering menjadi lebih penting dari pada strategi, karena sukses tidaknya sebuah rencana sangat tergantung pada kwalitas dan tuntas tidaknya pelaksanaannya. Selain “sofskill”, kita juga harus memiliki “hardskill”, kemampuan kerja benar2, untuk menyelesaikan perkerjaan kita dengan baik.

Passion: Kecintaan dan gairah kerja. Jack mengatakan bahwa keempat E tadi butuh untuk “dibungkus” dengan sebuah Passion; Gairah kerja yang melekat dan membuat kita lebih menyatu dengan segala pekerjaan kita. Passion yang membuat kita mau bekerja sampat lewat tengah malam, mengerjakan dengan penuh antusiasme, dan optimisme. Passion adalah kunci dalam setiap sukses.

Winning, Menangkan, adalah semboyan Jack, yang menjadi judul salah satu bukunya, dimana dia menjelaskan panjang lebar tentang Mantra 4E+P ini. Mari kita Menangkan persaingan bisnis, pertarungan usaha, pergulatan nasib ini, dengan taktik dan semangat yang lebih baik. Menangkan!






repost article

0 komentar:

Posting Komentar